Lestarikan Alam Kita

Go Green

ad
..::Mumung Masih Muda ::..

Tragedi Situ Gintung

Situ Gintung adalah danau buatan yang dibangun pemerintah Hindia Belanda sebagai wilayah konservasi air. Manfaatnya, menjaga ketersediaan air, terutama saat musim kemarau bagi warga Tangerang, Banten dan Jakarta. Belakangan, Situ Gintung bahkan jadi salah satu lokasi wisata andalan.

Pascajebolnya tanggul, banyak warga yang trauma. Sebagian dari mereka meminta relokasi atau pemindahan tempat tinggalnya. Apalagi, 70 persen warga ternyata mengantongi sertifikat tanah. Pemerintah berencana menata kembali kawasan di sekitar situ gintung. Termasuk membangun secara permanen kembali tanggul yang jebol.

Bukan hanya penataan kembali Situ Gintung, pemerintah juga harus serius memperhatikan dan menjaga kawasan situ-situ lainnya. Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi jumlah situ dan danau mencapai 200 buah. Penulusan tim Sigi menemukan banyak dari situ telah beralih fungsi. Mulai menjadi tempat sampah, jalan raya, bahkan menjadi perumahan. Untuk selengkapnya, saksikan video Sigi Sigi 30 Menit edisi 1 April 2009


Komentar :

ada 0 komentar ke “Tragedi Situ Gintung”

Posting Komentar

ad

Labels


ShoutMix chat widget

Blog Archive